Kuis PBKK 2023

Nama : Davian Benito

Nrp : 5025201220

Kelas : PBKK - D


Aplikasi Pemesanan Tiket Online Bus Surabaya


Berupa aplikasi website yang menyediakan berbagai layanan terkait pemesanan tiket dan informasi perjalanan dari transportasi umum Bus di Surabaya. Pengguna dapat melihat jadwal harian bus, rute perjalanan bus, dan pemesanan tiket bus dalam aplikasi tersebut. Pada awal penggunaan, pengguna akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu, lalu memasukkan identitas diri beserta pilihan transaksi yang diinginkan untuk tahap pembayaran saat melakukan pemesanan tiket nantinya. Fitur yang akan terdapat pada aplikasi dan penjelasannya sebagai berikut : 

1. Aplikasi dapat menampilkan data mengenai jadwal bus yang tersedia beserta rutenya

2. Aplikasi dapat menyimpan data pribadi pengguna

3. Pengguna dapat melakukan pemesanan tiket pada pilihan jadwal bus yang dipilih

4. Pengguna dapat membayarkan pemesanan tiket menggunakan pilihan metode pembayaran yang dipilih

5. Aplikasi dapat memvalidasi transaksi pemesanan pengguna dan memberikan tiket bus sesuai pesanan

6. Data terkait jumlah sisa kursi akan terupdate setiap ada pemesanan dari pengguna


Aplikasi akan dikembangkan dengan framework webapp CodeIgniter dan database phpMyAdmin. pengembangan aplikasi dalam framework tersebut akan menggunakan design MVC, yaitu : Model, View, Controller dimana fokus pengembangan untuk tampilan aplikasi, penyimpanan data aplikasi, dan kontrol logic aplikasi akan terbagi sendiri-sendiri di foldernya masing-masing. 


Untuk design tampilan aplikasi akan dibuat dengan tampilan berikut : 

1. Dashboard Page, pengguna dapat melihat berita informasi terkini mengenai bus surabaya dan transportasi sekitar surabaya. Pengguna juga dapat langsung melakukan pemesanan tiket bus. 


 

 

2. Rute Page, pengguna dapat melihat map dari rute seluruh perjalanan bus surabaya beserta kode bus terkait dan landmark wilayah yang penting pada map. 


 

 

3. Pesan Tiket Page, pengguna dapat melakukan pemesanan dan membeli tiket bus surabaya berdasarkan rute, waktu, dan harga perjalanan. Pengguna juga dapat melakukan filter untuk menemukan tiket perjalanan yang diinginkan dengan cepat. 


 

 

4. My Tiket Page, pengguna dapat melihat tiket yang berhasil dipesan. Terdapat informasi detail lebih lanjut mengenai perjalanan yang dibeli beserta barcode yang nantinya akan digunakan saat pengecekan di bus langsung. 


Projek Figma dapat diakses pada link berikut : https://www.figma.com/file/lCZeCBpQuFMgXpNKMrQLOT/ETS-PBKK?type=design&node-id=0%3A1&t=iXz6URJsTt94zhJ3-1

Video demo dapat dilihat di link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=OSOHEO9PZ5s

Github projek dapat dilihat di link berikut : https://github.com/SuryaAbdillah/KuisPBKK_5025201220_5025201229


Comments

Popular posts from this blog

EAS PBKK

Tugas ASP.NET MVC PBKK